Photo Discovery

33 Fakta Tentang Harimau

Posted by on June 12, 2013

Dalam fabel di Asia, harimau sering digambarkan sebagai raja hutan. Kegagahan dan status sebagai hewan yang menduduki peringkat atas piramida makanan menjadi alasannya.

Harimau memang punya banyak keunggulan sehingga begitu dikagumi sekaligus paling ditakuti dalam rimba belantara. Inilah 33 fakta tentang harimau.

[imagetag]

Penglihatan

1. Pupil harimau bulat, tidak seperti pupil kucing yang seperti garis lurus di siang hari. Artinya, harimau sebenarnya bukan hewan nokturnal, atau pemburu di malam hari. Mereka biasa berburu di pagi dan sore hari.

2. Meskipun penglihatan malam hari tidak sebagus kucing, namun sekitar 6 kali lebih baik dari penglihatan manusia.

Pada beberapa kasus, akibat habitatnya terancam seringkali harimau masuk ke perkampungan dan menyerang manusia. Biasanya mereka tidak menyerang dengan membabi buta, melainkan bersembunyi di luar kampung dan mencari orang yang sedang sendirian. Ini dilakukan saat petang atau menjelang malam ketika penglihatan manusia kurang awas.

3. Kebanyakan mata harimau berwarna kuning. Pengecualian pada harimau putih memiliki mata biru, ini terkait dengan gen mata menyesuaikan gen pada bulu putih.

4. Bayi harimau buta pada minggu pertama kelahiran.

5. Penglihatan harimau seperti manusia, yakni mepunyai visi warna yang sama. Artinya, harimau tidak buta warna.

Kekuatan

[imagetag]

6. Harimau adalah perenang yang hebat. Mereka senang bermain air ketika muda. Tak heran, harimau juga mahir berenang sejauh puluhan kilometer untuk menemukan hewan buruan.

7. Harimau bisa berlari dengan kecepatan 60 km/jam untuk jarak pendek.

8. Harimau bisa melompat sejauh 6 meter dan hingga ketinggian sekitar 5 meter.

9. Menurut Animal Planet, harimau bisa meniru suara panggilan hewan lain untuk menarik mangsa.

10. Seperti hewan pemangsa lainnya, harimau membunuh mangsanya dengan mencekik leher hingga kehilangan darah. Jika arteri mangsa putus, maka akan langsung mati dalam hitungan detik. Bila tidak, harimau akan menggigit dan membawanya hingga akhirnya mati.

11. Selain kaki belakang, cakar harimau juga sangat kuat. Satu babatan saja bisa menghancurkan tengkorak beruang.

12. Seperti kucing, memori harimau juga sangat kuat. Memori jangka pendeknya saja bisa 30 puluh kali lebih kuat dari manusia, dan ratusan kali dibanding simpanse. Jadi, harimau tidak mudah melupakan hal-hal yang terjadi.

13. Berat otak harimau sekira 300 gram. Ini adalah otak terbesar dari semua karnivora kecuali beruang kutub, dan sebanding dengan ukuran otak simpanse.

14. Harimau merupakan hewan yang pintar beradaptasi saat berburu. Biasanya mereka menggigit bagian leher agar mangsa cepat mati. Namun, bila sedang berenang di sungai dan bertemua buaya, maka harimau bisa mencocok mata reptil tersebut hingga buta dan membalikkan tubuhnya sehingga bisa mengeluarkan isi perut buaya. Hal ini dikarenakan bagian perut buaya paling lunak, dan harimau tak mungkin menggigit leher buaya yang dilindungi kulit tebal.

15. Harimau memilik air liur antiseptik. Saat terluka, harimau cukup menjilati luka sebagai desinfektan.

16. Lidah harimau memiliki bulu berdaging, sehingga saat mandi dan menjilati tubuh maka secara tak langsung sekaligus menyisir bulu-bulu mereka.

Interaksi

17. Harimau jarang mengaum. Mereka hanya mengaum untuk berkomunikasi dengan harimau lainnya.

18. Batas teritori dilakukan dengan menggores pohon dan mengencinginya.

19. Dari bau urin tersebut, seekor harimau bisa tahu umur, jenis kelamin, dan kondisi reproduksi harimau lainnya.

20. Harimau jantan memiliki wilayah yang lebih luas dibanding betina. Namun, sesama harimau tidak pernah menguasai wilayah yang tumpang tindih.

[imagetag]

21. Tidak seperti singa, harimau jantan merupakan pengayom keluarga. Mereka selalu menunggu betina dan anak-anaknya menyantap hasil buruan lebih dulu.

22. Harimau betina hanya memiliki masa subur selama 4-5 hari sepanjang tahun. Pada saat itulah mereka mulai musim kawin. Lalu mengandung selama 3 bulan dan melahirkan 2 hingga 3 anak harimau.

Berburu

23. Mungkin hanya satu dari sepuluh perburuan yang sukses bagi seekor harimau. Sehingga biasanya harimau pergi beberapa hari tanpa makan sebelum akhirnya sukses menemukan mangsa.

24. Nyatanya harimau adalah hewan yang tidak kuat menahan lapar (mungkin karena besarnya ukuran tubuh mereka). Harimau akan mati kelaparan hanya dalam waktu 2-3 minggu saja.

25. Harimau sering berburu sendiri, kecuali untuk menangkap hewan besar barulah melakukan penyergapan bersama kawanannya. Harimau juga termasuk hewan yang suka menyergap, karenanya bila tiba-tiba berpapasan dengan harimau di hutan jarang sekali manusia diserang, kecuali merasa terancam.

Persilangan

[imagetag]

26. Dalam penangkaran, harimau bisa kawin dengan singa atau kucing lainnya. Singa jantan dan harimau betina memiliki keturunan besar yang disebut Ligers. Sedangkan harimau jantan dan singa betina menghasilkan Tiglon dengan ukuran yang lebih kecil.

27. Seekor Ligers dapat bertumbuh sepanjang 4 meter, sehingga dinobatkan sebagai kucing terbesar di dunia.

Fakta lainnya:

28. Harimau adalah yang terbesar dari semua kucing. Harimau Siberia bisa bertumbuh hingga 3,5 meter panjangnya dengan berat 300 kg. Sementara harimau sumatera sepanjang 2 meter dan berat 100 kg

29. Garis-garis pada tubuh setiap harimau berbeda. Hal ini layaknya sidik jari pada manusia.

[imagetag]

30. Ada enam subspesies harimau yang masih hidup saat ini : harimau Siberia (Panthera tigris Altai a), harimau China Selatan (Panthera tigris amoyensis), harimau Indocina (Panthera tigris corbetti), harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), dan harimau Bengal (Panthera tigris tigris).

31. Tiga subspecies lainnya telah punah, yakni harimau bali (Panthera tigris balica), harimau jawa (Panthera tigris sondaica), dan harimau kaspia (Panthera tigris virgata).

32. Menurut perkiraan para peneliti, kini hanya ada sekitar 3.500 harimau yang tersisa di alam liar.

33. Harimau hidup selama sekitar 25 tahun baik di penangkaran dan di alam liar.

Sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , ,