Photo Discovery

Tips Agar Gaji Tak Cepat Habis

Posted by on November 5, 2012

[imagetag]

Awal bulan baru mendapatkan gaji, tapi pertengahan bulan sudah habis dan tak jelas untuk apa uang itu digunakan. Hal ini terkadang terjadi pada sebagian orang bila mereka tak mengatur gajinya dengan baik. Padahal pintar mengelola gaji harus Anda lakukan demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

Agar gaji yang diterima tidak cepat habis, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan. Mau tahu apa saja caranya? Untuk itu simaklah 5 cara berikut ini:

1. Membawa makanan dari rumah

Agar gaji tak cepat habis, sebaiknya Anda harus mengirit-iritnya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu membawa makanan dari rumah. Membawa makanan dari rumah tidak hanya membuat Anda lebih hemat, tetapi juga lebih sehat. Mengingat makanan yang dijual di pinggiran belum terjamin kebersihannya.

2. Naik kendaraan umum

Naik kendaraan umum ketika hendak pergi ke kantor tentunya lebih murah dibandingkan Anda harus naik mobil pribadi atau taksi. Selain membuat Anda lebih hemat, naik kendaraan umum juga akan membuat tubuh lebih sehat karena banyak kalori yang dikeluarkan.

3. Menabung di celengan

Cara kuno ini perlu Anda lakukan karena bisa membuat gaji Anda tersisa. Dilansir Squidoo, mengumpulkan uang kecil di celengan setiap harinya akan sangat bermanfaat untuk Anda. Memasukkan uang ke dalam celengan, seribu atau lima ribu rupiah perharinya akan sangat menguntungkan Anda nantinya. Ketika celengan tersebut dibuka akhir bulan, Anda akan terkejut dengan jumlah uang yang dimiliki.

4. Tak menggunakan kartu kredit

Kartu kredit memang terkadang memudahkan Anda untuk melakukan transaksi. Apalagi, diskon yang menggiurkan Anda bila melakukan transaksi memakai kartu kredit. Namun, jangan biasakan hal tersebut karena akan membuat Anda boros nantinya. Gunakanlah uang tunai saja saat berbelanja sehingga mampu mengontrol pengeluaran Anda.

5. Merencanakan pengeluaran bulanan

Anda harus menyisihkan uang terlebih dahulu untuk membayar pengeluaran wajib bulanan. Misalnya, biaya transport, makan, bayar kost, bayar kartu kredit, dan pengeluaran wajib lainnya. Bila hal tersebut dilakukan, maka bisa memudahkan Anda untuk mengetahui berapa pengeluaran wajib yang harus dibayarkan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa uang yang tersisa dan bisa dipakai untuk sedikit bersenang-senang.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, tentunya gaji Anda akan tertata dengan baik dan pengeluaran pun dapat terkontrol. Bagaimanapun juga, gaji memang harus disisihkan demi kesuksesan Anda di masa yang akan datang.

 Sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , ,