Kronologi Pesawat Susi Air Hilang Kontak Lalu Jatuh di Duma Papua
ist/dokumentasi Basarnas
Penumpang Susi Air yang jatuh di Papua dievakuasi, Kamis (23/6/2022). Pesawat dengan registrasi PK-BVM type Pilatus Porter PC-6 tersebut lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT dengan pelayanan keberangkatan oleh AirNav Cabang Pembantu Timika 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - AirNav Indonesia memaparkan kronologi kecelakaan pesawat Susi Air PK BVM dalam perjalanan dari Timika ke Duma.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menerangkan, pada Kamis (23/6/2022), terjadi kecelakaan pesawat yang dialami oleh maskapai Susi Air rute Timika (Bandar Udara Moses Kilangin) - Duma (Airstrip).

"Pesawat dengan registrasi PK-BVM type Pilatus Porter PC-6 tersebut lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT dengan pelayanan keberangkatan oleh AirNav Cabang Pembantu Timika, dan diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT," ujar Rosedi dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Rosedi menambahkan, keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis yang membawa 6 penumpang tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah.

"AirNav kemudian mendapatkan informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan, yang langsung ditindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat dan koordinasi yang intens dengan BASARNAS Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM," kata Rosedi.

Berdasarkan informasi lanjutan, ucap Rosedi, disampaikan bahwa PK-BVM ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM (5 KM) dari Duma.

"Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke Rumah Sakit Timika," imbuh Rosedi.

Atas