Vladimir Putin Sebut Rusia Alihkan Rute Perdagangan ke China dan India
AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu meninggalkan Lapangan Merah setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. Dalam pertemuan virtual KTT BRICS, Putin menyebut Rusia telah mengalihkan rute perdagangannya ke China dan India. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Moskow mengalihkan rute perdagangannya ke China dan India, serta Brasil dan Afrika Selatan, ketika Barat berupaya memutuskan hubungan ekonomi.

"Kami secara aktif terlibat dalam reorientasi arus perdagangan dan kontak ekonomi asing kami menuju mitra internasional yang dapat diandalkan, terutama negara-negara BRICS," kata Putin dalam pidato video pembukaannya kepada para peserta KTT BRICS virtual.

Dilansir CNN, akronim "BRICS" mengacu pada pengelompokan informal dari lima negara berkembang.

Menurut Putin, perdagangan antara Rusia dan negara-negara BRICS meningkat sebesar 38 persen dan mencapai $45 miliar dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu meninggalkan Lapangan Merah setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. - Rusia merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang Dunia II. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu meninggalkan Lapangan Merah setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. - Rusia merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang Dunia II. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP) (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

"Kontak antara kalangan bisnis Rusia dan komunitas bisnis negara-negara BRICS telah meningkat," kata Putin.

"Misalnya, negosiasi sedang dilakukan untuk membuka toko rantai India di Rusia [dan] meningkatkan pangsa mobil, peralatan, dan perangkat keras China di pasar kami."

Rusia tingkatkan ekspor minyak ke China dan India

Rusia juga meningkatkan ekspor minyak ke China dan India, yang telah mengambil barel dengan diskon besar-besaran.

Impor minyak mentah China dari Rusia melonjak ke level rekor pada Mei, menyingkirkan Arab Saudi sebagai pemasok utama negara itu.

Putin menambahkan bahwa sistem Rusia untuk mengirim pesan antar lembaga keuangan terbuka untuk menghubungkan bank-bank dari lima negara.

Atas