Kesempatan Terakhir Belanja H&M sebelum Hengkang dari Rusia, Pembeli Antre Mengular
Kirill KUDRYAVTSEV / AFP
(FILES) Dalam file foto yang diambil pada 14 Maret 2022, seorang wanita berjalan melewati toko H&M (Hennes & Mauritz) yang tutup di sebuah pusat perbelanjaan di Moskow. Pengecer mode Swedia H&M segera hengkang dari pasar Rusia, baru saja membuka pintunya untuk menghabiskan stok hingga membuat antrean pembeli mengular. 

TRIBUNNEWS.COM - Antrean panjang pembeli Rusia mengular di luar toko H&M yang berada di pusat perbelanjaan Moskow pekan ini.

Pengecer mode Swedia itu membuka kembali pintunya untuk menghabiskan stok sebelum hengkang dari Rusia untuk selamanya.

Bersama dengan serangkaian merek barat lainnya termasuk Ikea, Nike, dan pemilik Zara, Inditex, H&M menghentikan operasi di Rusia setelah invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Keluarnya H&M dari pasar terbesar keenamnya merugikan perusahaan sebesar 2 miliar kronor Swedia (hampir £170 juta) dan memengaruhi 6.000 staf.

Berdasar rekaman yang diunggah di Telegram oleh outlet berita Baza, antrean panjang terlihat di luar toko H&M di pusat perbelanjaan Aviapark Moskow dan di mal Metropolis .

“Yah, ini sudah tutup, itu sebabnya kami berdiri di sini,” kata seorang pelanggan, Irina, kepada Reuters.

"Aku akan membeli apa pun yang ada."

Dikutip Guardian, H&M tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Selasa (2/8/2022).

Pembeli lain, Ekaterina, berkata: “Sayangnya, alasan mengapa semua ini terjadi sangat buruk. Segala sesuatu yang lain tidak ada artinya, seperti bagaimana kita akan mengelola (tanpa H&M).”

H&M memutuskan untuk sementara membuka kembali tokonya.

Atas