Tiga Kapal Pengangkut Biji-bijian Berangkat dari Ukraina
AFP
Kapal kargo berbendera Sierra Leone Razoni berlayar di sepanjang Selat Bosphorus melewati Istanbul pada 3 Agustus 2022, setelah diperiksa secara resmi. - Tiga kapal lagi yang mengangkut biji-bijian telah meninggalkan pelabuhan Ukraina pada Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Tiga kapal yang mengangkut biji-bijian telah meninggalkan pelabuhan Ukraina dan menuju ke Turki untuk diperiksa, kata Kementerian Pertahanan Turki, Jumat (5/8/2022).

Dikutip dari AP News, ketiga kapal tersebut memuat total 58.000 ton jagung.

Keberangkatan kapal-kapal terjadi setelah kapal gandum pertama sejak dimulainya perang meninggalkan Ukraina awal pekan ini.

Kapal itu melintasi Laut Hitam di bawah kesepakatan masa perang dan lulus inspeksi di Istanbul pada Rabu (3/8/2022) dan menuju ke Lebanon.

Kapal-kapal yang berangkat hari Jumat dari Ukraina berasal dari lebih dari selusin kapal pengangkut curah dan kapal kargo yang telah dimuati dengan biji-bijian dan terjebak di pelabuhan di sana sejak awal invasi pada akhir Februari.

Sementara puluhan ribu ton biji-bijian sedang keluar dengan pengiriman terbaru ini, itu masih sebagian kecil dari 20 juta ton biji-bijian yang menurut Ukraina terperangkap di silo dan pelabuhan negara itu, dan yang harus dikirim secara berurutan untuk memberi ruang bagi panen baru.

Ukraina adalah salah satu lumbung pangan utama dunia.

Stok biji-bijian yang tidak dapat dikirim karena perang telah menyebabkan kenaikan tajam harga pangan dan meningkatkan kekhawatiran akan krisis kelaparan global.

AS akan Kejar Tawaran Baru Rusia tentang Pertukaran Tahanan

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) akan mengejar tawaran terbaru Rusia untuk membahas di tingkat presiden pertukaran tahanan yang melibatkan bintang WNBA yang ditahan Brittney Griner, kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Jumat (5/8/2022).

Atas