Muncul Lagi, Ketahui Penyebab Flu Singapura dan Alasan Lebih Mudah Serang Anak-anak
TRIBUN MEDAN
Virus flu singapura yang dialami oleh anak-anak yang menimbulkan bintik-bintik merah dan berisi seperti air. Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Flu Singapura Marak di Kota Medan, Pemko Medan Siagakan Petugas, https://medan.tribunnews.com/2019/07/11/flu-singapura-marak-di-kota-medan-pemko-medan-siagakan-petugas. Penulis: Nanda Rizka Nasution Editor: Royandi Hutasoit 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Flu Singapura beberapa waktu terakhir pernah ramai di media sosial.

Penyakit ini kerap menyerang pada anak-anak, juga dilaporkan pernah terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Hal ini pun jadi pertanyaan bagi masyarakat. Apa itu flu Singapura dan apa yang menjadi penyebabnya penyakit ini banyak menginfeksi anak-anak.

Dokter Spesialis Anak, ST Andreas menyebutkan jika penyakit ini disebabkan oleh strain coxsackievirus. Yang paling sering ditemui adalah jenis coxsackievirus A16.

Coxsackievirus adalah bagian dari kelompok virus yang disebut enterovirus.

Biasanya, saat terinfeksi virus ini, akan muncul gejala di tangan, kaki dan mulut yaitu timbul bercak-bercak kemerahan pada tiga area tadi.

"Virus biasanya ditemukan di sekitar kita. Bisa tinggal lama di daerah lingkungan yang menurut kita tidak mungkin. Ketika pancaroba, kekebalan tubuh turun, virus tersebut justru bisa masuk ke dalam tubuh,"ungkapnya pada kanal YouTube Kompas TV dikutip, Jumat (5/8/2022).

Virus Flu Singapura, biasanya hidup pada iklim tropis.

Ketika terjadi perubahan suasana iklim, dingin ke panas dan sebaliknya. Ditambah, kekebalan tubuh yang sedang turun.

Berita Terkait
Atas