Hujan Mengguyur Kabupaten Tangerang Hingga Perumaham Terendam Banjir

Banjir Tangerang

liputan-berita.com – Jakarta Dilanda hujan deras, puluhan tempat tinggal di tiga titik Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, terendam banjir bersama dengan ketinggian 20 sentimeter hingga 1 meter.  Komandan Pos Tigaraksa BPBD Kabupaten Tangerang, Sholihin mengatakan, intesitas hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang sejak pukul 13.00 WIB tadi, membuat banjir di wilayah tersebut.

“Kami terima laporan, banjir ada di Kampung Pinang, Perumahan Sudirman Indah, dan Puri 1 Tigaraksa, bersama dengan ketinggian bervariasi, merasa dari 20 hingga 100 sentimeter,” katanya, Senin 27-11-2023.  Banjir tersebut diakibatkan ada luapan dari irigasi yang berada di kawasan perumahan warga. Sehingga segera merendam tempat tinggal yang berada pas di tepi jalan irigasi.

“Untuk di Kampung Pinang itu ada 4 tempat tinggal yang terendam, gara-gara luapan irigasi perumahan di sana. Sama juga bersama dengan Puri 1, yang mana kalau disini tempat tinggal terendam ada puluhan, merasa ketinggian 50 sentimeter hingga 1 meter. Terakhir di Sudirman Indah, tetapi kalau titik ini saat ini udah surut,” memahami Sholihin. Untuk mengatasi perihal tersebut, sebanyak 10 petugas diterjunkan ke tiga wilayah banjir. Petugas melakukan pendataan, bersiaga dan mengevakuasi untuk warga yang memerlukan.

“Masing-masing titik ada 3 dan 4 petugas. Untuk cek keadaan dan imbau kepada warga supaya yang rumahnya bertingkat untuk dapat naik ke lantai atas sementara, hingga airnya surut,” ungkap Sholihin.

Pertama Terjadi

Sementara itu, warga Puri 1, Minah mengatakan, banjir yang merendam rumahnya bersama dengan ketinggian nyaris 1,5 mtr. ini merupakan perihal yang pertama kali terjadi.  “Baru kali ini air masuk rumah, tinggi pula hingga 1,5 meter. Biasanya cuma di depan aja. Sekarang pun saya perlu ngungsi ke tempat tinggal tetangga,” ungkapnya.

Di Kecamatan Teluk Naga, dari hasil laporan sementara memadai banyak desa terdampak, tetapi BPBD terus melakukan update pendataannya. BPBD belum dapat memastikan berapa lama keadaan kedaruratan bencana tersebut bakal berlangsung gara-gara keadaan cuaca dan kontur slot gacor 777 alam tetap terus berubah-ubah, supaya banjir tetap menggenangi sejumlah permukiman warga.

BPBD juga sedang melakukan koordinasi bersama dengan instansi dan kepala area setempat didalam usaha penanganan korban banjir tersebut. Camat Kosambi, Dadang Sudrajat, menambahkan bahwa ada 220 KK korban banjir di wilayahnya akun pro rusia dari tiga area rukun tetangga. Hingga kini belum ada warga yang melakukan pengungsian meski ketinggian air capai 40-50 sentimeter akibat luapan sungai lebih kurang ke permukiman warga.